Wellcome

Total Tayangan Halaman

Awan Hitam

Senin, 16 Mei 2011

by Pamungkas
Share |
IMG00375-20110510-0735.jpg

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Batam, menginggatkan agar masyarakat Batam untuk mewaspadai dan menghindari awan columinimbus. Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim, Agus saat dihubungi via selulernya, Selasa (10/5).

Menurut Agus awan columbus merupakan awan bermuatan air hujan yang mengandung tenaga listrik dan sewaktu-waktu bisa mengeluarkan petir.

"Makanya harus dihindari, demi kesalamatan," kata Agus.

Ciri-ciri awan columbus, jelas Agus, awannya berwarna hitam kelam dan ada kilat karena terjadi gesekan energi listrik positif dan negatif.

"Apabila ada warga yang bertemu dengan awan tersebut, sebisa mungkin dihindari. Terlebih para nelayan, pilot dan masyarakat lainnya," terang Agus.

Selain dapat menimbulkan petir, awan columbus juga bisa menimbulkan guncangan dan merusak alat komunikasi, baik itu untuk kapal laut maupun pesawat yang melewati awan itu, dan dari situlah akhirnya mengakibatkan kecelakaan yang fatal.

"Untuk itu, kita harapkan para pilot, kapten kapal serta para masyarkat yang sedang melaut untuk mewaspadai awan columbus itu," ungkap dia.

Pantauan Tribun dilapangan, awan columbus itu terlihat menyelimuti langit Batam sekitar pukul 07.40 WIB dan tidak lama berselang munculah hujan. (*)

0 komentar:

Posting Komentar