Wellcome

Total Tayangan Laman

PLTU

Senin, 16 Mei 2011


Ini Dia 4 Calon Investor di PLTU Jateng

 
Ilustrasi. Foto: Corbis
by Pamungkas
"Keempat calon investor ini menyerahkan hingga tenggat waktu penyerahan dokumen penawaran (bid submission) untuk proyek PLTU Jawa Tengah pada 29 April 2011 kemarin," kata Direktur Utama PLN Dahlan Iskan, dalam siaran persnya kepada okezone, Minggu (1/5/2011).

Keempat calon investor tersebut adalah konsorsium J Power-Itochu-Adaro, Shenhua, Marubeni Corporation, serta Konsorsium Guandong-Yudean.

"Dengan demikian keempat calon investor tersebut lolos ke tahap akhir dari proses pengadaan proyek raksasa ini. PLN akan melakukan evaluasi penawaran dan diharapkan dapat mengumumkan pemenang tender pada Juni 2011," ungkapnya.

Ditambahkannya, keempat calon investor tersebut selama ini dikenal sebagai pelaku bisnis energi yang mumpuni di dunia. Dengan demikian, pengerjaan proyek dengan skema public private partnership (PPP) ini diharapkan dapat berjalan lancar sesuai rencana.

Sekadar informasi, proyek PLTU Jawa Tengah berkapasitas 2 x 1.000 MW dengan investasi sebesar USD3,2 miliar atau sekira Rp30 triliun rencana operasi komersial (Commercial Operation Date/COD) pada 2017.

Jangka waktu kontrak pembelian listrik dengan PLN atau Power Purchase Agreement (PPA) adalah 25 tahun dengan skema Build-Operate-Transfer (BOT). Proyek PLTU Jawa Tengah sangat strategis untuk pemenuhan kebutuhan listrik khususnya di Jawa Bali yang tumbuh sekira delapan persen per tahun.

Saat ini beban puncak sistem kelistrikan di Jawa Madura Bali sebesar 18.600 MegaWatt (MW). Dengan tingkat pertumbuhan permintaan yang relatif tinggi maka upaya antispasi diperlukan untuk mengimbanginya.

PLTU Jawa Tengah yang berlokasi di Pemalang Jawa Tengah ini menggunakan teknologi supercritical/ultra-supercritical, yang memiliki tingkat efisiensi dan emisi karbon lebih baik dari pembangkit batu bara yang dimiliki PLN saat ini.

0 komentar:

Poskan Komentar