Wellcome

Total Tayangan Laman

Asteroid

Kamis, 07 April 2011

Asteroid Aneh, Orbit Berbentuk Ladam

TEMPO Interaktif, Armargh - Astronom dari Observatorium Armagh, Irlandia Selatan, menemukan asteroid aneh. Berbeda dengan asteroid biasa yang mengorbit dalam lintasan elips, asteroid ini memiliki lintasan berbentuk ladam.
Asteroid aneh yang berukuran beberapa ratus meter ini ditemukan oleh Apostolos Christou dan David Asher. Asteroid ini dinamai 2010 SO16.
Dalam orbit berbentuk ladam, asteroid akan bergerak mendekat dan menjauh dari bumi tanpa pernah melintasi bumi. Ketika mendekati bumi, 2010 SO16 akan bergerak dengan lambat. Sampai jarak tertentu dari bumi, asteroid akan kembali ditarik oleh matahari sehingga berbalik dari arah lintasan semula. Gerakan berbalik ini berlanjut sampai planet berada di balik matahari dan mendekat lagi dengan bumi dari sisi berlainan.
Jika dilihat dari bumi, pola gerak bolak-balik asteroid akan tampak seperti tapal kuda. Namun jika dilihat dari sudut pandang asteroid, benda langit ini bergerak dalam arah yang sama. Periode orbit asteroid adalah selama 3,5 abad.
Orbit unik asteroid ini diprediksi tak akan berlangsung selamanya. Orbit ladam merupakan tipe orbit yang labil sehingga sebuah tarikan kecil dari benda langit lain bisa membuyarkan bentuk orbit. Namun sejauh ini orbit ladam asteroid 2010 SO16 masih kokoh dengan lintasan ladam tersebut setidaknya hingga 120 ribu tahun mendatang.“Asteroid ini menjadi bintang senja selama beberapa puluh tahun mendatang,” ujar Christou.

0 komentar:

Posting Komentar