Wellcome

Total Tayangan Laman

Nebula

Kamis, 07 April 2011

Nebula di Berbagi Galaksi

    Wah udah lama banget nich sob gak posting tentang Sains hehehe
nah pada kesempatan kali ini saya akan mempostingkan tentang Astronomi. dan kali ini saya membahas tentang Nebula.

    Nebula (bahasa Latin: "kabut"; pl. nebulae atau nebulæ, dengan ligatur) adalah awan antar bintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma. Nebula terlihat jika gasnya bersinar atau jika awan itu memantulkan cahaya bintang atau menghalangi cahaya dari benda yang lebih jauh. Awalnya nebula adalah nama umum yang diberikan untuk semua obyek astronomi  yang membentang, termasuk galaksi di luar Bima Sakti (beberapa contoh dari penggunaan lama masih bertahan; sebagai contoh, Galaksi Andromeda kadang-kadang merujuk pada Nebula Andromeda nah galaksi andromeda lebih dekat dengan galaksi kita dari pada galaksi yang lain).

      Daerah H II adalah tempat kelahiran bintang-bintang. Mereka terbentuk ketika awan molekul yang sangat luas runtuh di bawah gaya gravitasinya sendiri, seringkali disebabkan oleh pengaruh ledakan supernova ( ledakan bintang yang maha dahsyat) yang ada di dekatnya. Awan runtuh dan terfragmentasi, membentuk hingga ratusan bintang baru. Bintang yang baru saja terbentuk mengionisasi gas yang ada di sekitarnya menciptakan nebula emisi. Nebula emisi bersinar karena gasnya mengeluarkan cahayanya ketika terstimulasi oleh radiasi dari bintang muda yang panas. Nebula pantulan bersinar karena debunya memantulkan cahaya dari bintang didalam atau disekitar nebula tersebut.Nebula yang gelap tampak seperti siluet karena nebula tersebut menghalangi cahaya dari nebula yang bersinar atau bintang dibelakangnya. Dua jenis nebula terkait dengan bintang yang meredup: nebula planet dan sisa supernova.Keduanya terdiri atas selubung gas meluas yang tadinya merupakan lapisan luar dari sebuah bintang.


     Nebula planet adalah selubung gas yang melayang menjauhi inti bintang yang meredup. Sisa supernova adalah selubung gas yang bergerak menjauhi inti bintang dengan kecepatan tinggi setelah ledakan hebat yang disebut supernova.Bintang kerap terlihat berkelompok dan disebut gugus. Gugus terbuka adalah kelompok longgar beberapa ribu bintang muda, yang berasal dari awan yang sama dan bergerak memisah.Gugus bulat adalah kelompok berbentuk bulat kasar dan padat, terdiri atas ratusan ribu bintang tua.

     Nebula yang lain terbentuk oleh kematian bintang. Sebuah bintang yang sedang mengalami transisi ke tahap katai putih menghembuskan bagian terluarnya untuk membentuk planetary nebula. Nova dan supernova dapat juga menciptakan nebula yang dikenal sebagai nova remnant dan supernova remnant.          
   
       Nah dibawah ini adalah contoh nebula-nebula dari berbagai galaksi di jagat raya dan gambar-gambar ini di ambil dari teleskop hubble.




























0 komentar:

Poskan Komentar