Wellcome

Total Tayangan Halaman

Gerhana Matahari

Jumat, 08 April 2011

Gerhana Matahari Cincin Januari 2010

Foto Gerhana Matahari Cincin Januari 2010 Fenomena gerhana matahari memang sering kita saksikan namun berbeda dengan gerhana matahari cincin yang diprediksi akan terjadi pada hari Jumat yaitu tepatnya besok tanggal 15 Januari 2010, ya berbeda karena menurut informasi fenomena gerhana matahari ini merupakan gejala alam yang sangat langka terjadi. Di sebagian referensi yang saya baca menyatakan bahwa fenomena langka ini akan terjadi lagi lebih dari seribu tahun kemudian. Para ahli dan peneliti memprediksi gerhana matahari jenis cincin ini puncaknya akan terjadi besok pada pukul  14.39 WIB sampai dengan 15.55 WIB.
Sangat menarik memang namun kita hanya dapat menyaksikan bentuk cincin mutlak hanya di beberapa daerah saja, menurut para ahli kita hanya bisa menyaksikan bentuk cincin jika posisi kita berada di tepat dibawahnya.
“Cincin tidak akan kelihatan. Cincin hanya akan bisa terlihat jika berada tepat di bawahnya. Gerhana cincin tersebut akan terlihat jelas di Afrika Tengah, India Selatan, Myanmar dan Cina,” kata Thomas Djamaludin.
Bandung jangan takut gelap, lanjut Thomas, sebab persentasenya tidak cukup besar. Puncak terjadinya gerhana di Bandung sebagai fenomena alam tersebut, diprediksikan pukul 15.18 WIB. Meski demikian, tetap saja tidak akan terlihat dengan jelas.
Berbeda dengan di daerah Nangroe Aceh Darussalam. Di sana, ujar Thomas, akan terlihat gelap, sebab gerhana matahari di Aceh Darussalam akan tampak hingga 60 persen.
“Gerhana ini akan terjadi dengan persentase nol sampai enampuluh persen, jadi paling besar di Aceh. Nanti akan sangat gelap di sana,” kata Thomas.
Gerhana kali ini, lanjut Thomas, menjadi unik karena menjadi gerhana matahari pertama dan terakhir pada 2010. Gerhana matahari sebelumnya terjadi pada 26 Januari dan 22 Juli 2009.
Thomas menandaskan, gerhana yang terjadi pada 26 Januari 2009 diisitilahkan gerhana matahari cincin, sementara gerhana matahari 22 Juli 2009 sebenarnya gerhana matahari total.
“Tapi di Indonesia hanya terjadi gerhana sebagian,” ujar Thomas pula.
(antara news)
Yuk siap-siap semoga saja besok di daerah kita masing-masing dapat melihat fenomena gerhana matahari cincin 2010 yang langka ini.

0 komentar:

Posting Komentar